Saturday, September 06, 2008

Mantu......

Rut adalah mantu yang sempurna bagi Naomi,* ...perempuan yang lebih berharga bagimu daripada tujuh anak laki-laki(Rut 4:15),karena apa?
Karena Rut pada saat ditinggal mati suaminya Mahlon ,ketika diminta Naomi untuk kembali ke orangtuanya ,Ruth menolak dan tetap ikut bersama Naomi pulang kembali ke Betlehem-Yehuda.seperti yang tertulis di Rut 1:16 ..........;sebab kemana engkau pergi,kesitu jugalah aku pergi,dan kemana engkau bermalam,disitu jugalah aku bermalam:bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku.".................sampai maut memisahkan aku dari engkau..(ayat 17).
Karena Rut juga lah tali kekeluargaan antara Naomi dengan pihak suaminya Elimelekh yaitu Boas, tersambung kembali.

Mempunyai mantu idaman seperti Ruth adalah dambaan ibu-ibu kristen,asal kita para ibu yang bakal jadi ibu mertua juga mempunyai iman,karakter seperti Naomi(paling tidak mengarah kesana...iya nggak?).
Ini yang b e r a t !! ;)

Aku punya pengalaman
Ada seorang ibu,masih ada hubungan keluarga denganku...ketika anak ceweknya menikah(mendapat mantu laki-laki),dia kasih nasehat ke anak ceweknya..."laki-laki tu harus selalu di ikuti,jangan dibiarkan berangkat-berangkat sendiri"----ada benarnya juga sich......^_^

Tapi,salahnya...pada saat anak cowoknya menikah(dapat mantu perempuan),dia bilang(dihadapan aku lho...asli!! aku saksi di TKP.. ^_^) " Laki-laki tu jangan selalu di ikuti,biar ja inya(dia) tulak(berangkat) sendiri.."

Nah lo?......kacau nggak?......nggak konsisten dia jadi orang tua...
Dan kalian tau akhirnya?....anak cowoknya CERAI dengan si menantu setelah "berkarya" dua orang cucu.
Memang tidak gampang jadi orang tua,bimbingNYA(lewat firman-firmanNYA) adalah modal utama.

Cermin diri....
Aku bukan mantu seperti Rut bagi mertuaku,dalam hal menyembah Allah ,tapi aku ikut Allah calon suamiku(yang notabene anak cowok mertuaku) ,dan puji Tuhan....Tuhan beri jalan yang benar bagiku sampai sekarang,semua yang kuingin dan kumau...satu persatu menjadi kenyataan.

Harapan
Kalau tiba waktunya aku mendapat mantu perempuan....aku ingin "karma"ku terjadi,dan aku akan menjadi "Naomi".....~~ bahagianya ~~
Kenapa hanya untuk mantu perempuan?...karena aku tidak mau jadi batu sandungan bagi orang tua lain untuk mendapat mantu seperti Rut(menyembah Allah yang sama) bagi anak laki-laki mereka.(Aku masih paternalistik ya???....toleransi dan demi kebaikan sesama "sejawat - para mami deh ceritanya... >_<)
Kalo tiba waktunya aku mendapat mantu laki-laki...mudah-mudahan ia se iman dengan kami.
Amin.

Ps
Terinspirasi dari kotbah Pdt Dede pada Sabath pagi ini.Thanks to him.

1 comment:

Unknown said...

Salam Kenal.....Joint yah ke blog saya.....www.rhgmsi.blogspot.com trims.