Tuesday, September 14, 2010

Kuatir,hati-hati dan berjaga-jaga.

Rasa kuatir adalah manusiawi.
Rasul Paulus pun dihinggapi rasa kuatir, di 2 ayat II Kor12: 20 dan 21 aja ada 3(tiga) kali tertulis rasa kuatir Rasul Paulus.
Bukan kuatir karena masalah makan,minum dan pakai,karena Rasul Paulus tahu ,Tuhan pasti pelihara kita, anak-anak-Nya (Mazmur 55:23 Serahkan kuatirmu kepada TUHAN,maka Ia akan memelihara engkau!...)
II Kor 12:20 Sebab aku kuatir,bahwa apabila aku datang aku mendapati kamu tidak seperti yang aku inginkan
Aku kuatir akan adanya perselisihan,iri hati,,amarah,kepentingan diri sendiri,fitnah,bisik-bisikan,keangkuhan dan kerusuhan
Ayat 21 Aku kuatir,bahwa apabila aku datang lagi,Allahku akan merendahkan aku didepan kamu,dan bahwa aku akan berduka cita terhadap banyak orang yang dimasa yang lampau berbuat dosa dan belum lagi bertobat dari kecemaran,percabulan dan ketidaksopanan yang mereka lakukan.

Semua kekuatiran Rasul Paulus adalah ke kuatiran dimasa yang akan datang(belum terjadi,tapi di kuatirkan akan terjadi).Untuk itulah Alkitab juga menulis untuk selalu hati-hati dan berjaga-jaga.

Markus 13:33 "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah!Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.
Ayat 34 dan halnya sama seperti seorang yang bepergian,yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggungjawab kepada hamba-hambanya,masing2 dengan tugasnya dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga.
Ayat 35 Karena itu berjaga-jagalah,sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang,menjelang malam,atau tengah malam,atau larut malam atau pagi-pagi buta
Ayat 37 Apa yang Kukatakan kepada kamu,Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"

imo,dengan daya tangkap jemaat biasa ^_^....
Ada 3(tiga) kekuatiran Rasul Paulus di atas,ada (satu)hati-hati dan 4(empat) berjaga-jaga.

Jadi,bukan berarti menyerahkan kekuatiran kita kepada Tuhan lalu menyebabkan kita lalai dan sembrono(tidak hati-hati).
Waspada atau berjaga-jaga juga bukan berarti kita mencurigai atau berpikir negatif terhadap sesuatu atau seseorang.
Hati-hati ,waspada dan berjaga-jaga juga adalah penolak hipnotis ^_^ Imanuel!

No comments: