Friday, August 03, 2012

(Manusia) Yesus bukanlah manusia biasa.

Tulisan ini adalah pendapat pribadi yang terangkum dari kotbah-kotbah hamba Tuhan dan terolah dengan suara hati pribadi.

Alkitab adalah Kitab yang jujur, dia beritahu yang baik untuk menjadi teladan bagi kita dan juga menulis yang tidak baik untuk kita pakai sebagai alat agar kita waspada dan bisa mengambil pelajaran dari kisah yang tidak baik itu.

Entah itu sebagai kelemahan ataupun kelebihan saya pribadi, saya tidak pernah mengidolakan seseorang (beda dengan favorit khan?)...bagi saya favorit masih bisa dimaklumi kalau mereka juga adalah manusia yang suatu saat bisa melakukan kesalahan dan kekeliruan. Kita bisa menghormati mereka selama mereka layak di hormati, kalau idola menurut saya...menjurus kearah fanatik, "Benar atau salah mereka adalah idola saya"( bercermin dari kasus Ariel yang tetap di puja walau telah di napikan).

Manusia adalah tempat salah dan khilaf dan "nilai" hidupnya baru bisa di rangkum setelah dia finish, sampai garis akhir menghadap/kembali kepada Sang Penciptanya. Entah itu nabi, rasul, hamba Tuhan, jemaat biasa bahkan orang "jahat" sekalipun.
Semua bisa berubah, yang awalnya alim (lurus) bisa jadi dursila, yang awalnya bejat bisa menjadi lurus kalau dia sempat bertobat.
So.... jangan pernah menyembah/menguduskan manusia; manusia yang lahir dari daging.
Sungguh berbeda dengan Yesus/Isa Almasih yang diakui oleh paling tidak 2 kitab suci bahwa DIA lahir bukan dari daging, melainkan dari Roh Kudus, yang lahir dari Perawan Maria. Beda dengan saudara-saudara Yesus yang lahir sebagai hasil hubungan badan antara Yusuf dan Maria. Baca ini http://www.gotquestions.org/indonesia/saudara-Yesus.html

Beberapa contoh bahwa manusia bisa berubah yang tertulis di Alkitab
1. Lot ; adalah orang yang benar di Sodom (II Petrus 2:7-8), tapi saat dia dan kedua putrinya tinggal mengungsi di gua dalam pelariannya, dia malah tidak mampu mempertahankan jalan hidupnya yang benar, padahal waktu di Sodom dia menderita melihat/menyaksikan cara kehidupan di Sodom.

2.Hizkia ; satu-satunya raja yang pada hari pertamanya bertahta memerintahkan untuk memperbaiki rumah Tuhan (II Taw 29:3 dan 30:26), dan dapat menyelesaikannya dalam 16 hari, sesuatu yang luar biasa!, Hizkia juga yang kembali merayakan Hari Raya Paskah(Passover).
Hizkia berubah menjadi angkuh/sombong setelah menerima tanda ajaib dari Tuhan dengan perpanjangan usia 15 tahun lagi (II Taw 32:24) tapi dia segera menyadari keangkuhannya dan kembali merendahkan diri (ayat 26).

3.Elia ; yang berani menghadapi 450 orang nabi-nabi Baal dan 400 orang nabi-nabi Asyera(I Raja-raja 18:18-19) dan mengalami penyertaan Tuhan langsung, merasa takut saat mendengar ancaman Izebel walau hanya lewat orang suruhan, tidak berhadapan langsung dengan Izebelnya.

Mungkin hanya Ishak yang agak sedikit ideal, selain beda kasih sayang terhadap anaknya yang kembar yang berbeda kesukaan/hobby, Ishak setia pada satu istri walaupun dia kaya raya dan masih bercumbu-cumbuan pada usia lanjut (Ishak menikah umur 40 th + 20 th baru dapat anak ), jadi paling tidak Ishak sudah berumur 80th an pada saat itu, pada saat Esau sudah pandai berburu.

Allah maha kuasa, Dia menjadi manusia untuk menjadi korban penebusan dosa manusia dan berkomunikasi, menjadi teladan bahwa perintah dan larangan-Nya mampu Dia kerjakan sebagai manusia, jadi pasti juga mampu kita kerjakan agar kita mengerti "jalan"-Nya untuk menerima janji-Nya, keselamatan kekal.

 “ Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran” ( Yohanes 4:24).

 “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak seorang pun datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku“...Yohanes 14:6

Sembahlah Allah dalam ROH, dan temukan kebenaran dalam firman-Nya/Injil.

Dan Paulus bersaksi, dia menerima langsung dari Tuhan apa yang harus kita teladani dari Yesus dalam hal melakukan perintah-Nya, memperingati dan memberitakan kematian-Nya .
11:23 Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, TELAH AKU TERIMA DARI TUHAN, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti
11:24 dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: "INILAH TUBUH-KU, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini MENJADI PERINGATAN AKAN AKU!"
11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru  yang dimeteraikan oleh DARAH-KU; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, MENJADI PERINGATAN AKAN AKU!"

11:26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.

Happy Friday...............Selamat menjelang Hari Sabat

No comments: