Monday, April 28, 2014

Peperangan Adam dan...... Menang!

HIDUP adalah sebuah peperangan, selama kita hidup, peperangan(logika dan nurani ; kebutuhan dan keinginan) akan terus bergolak; jangan pernah punya pikiran sebagai orang yang percaya/beriman lalu masalah ngacir....Masalah kita perlukan  untuk menguji level(lulus - naik tingkat or mandeqnya) keimanan kita. Musuh yang terbesar yang harus kita hadapi adalah (ego) diri kita sendiri!
Peperangan akan berakhir dengan berakhirnya kontrak hidup kita di dunia.

Kejadian 2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk MENGUSAHAKAN  dan MEMELIHARA taman itu.

Ketika manusia pertama diciptakan Tuhan, dalam keadaan masih belum berdosa, ditempatkan di taman Eden yang serba tersedia...Tuhan perintahkan agar manusia mengusahakan(to work it) dan memelihara (to take care of it).... Pesan Tuhan jelas, jangan terlena karena serba tersedia, BEKERJA - membuat lebih dan PEDULI - menjaga.
Peperangannya.... rasa nyaman/semua tersedia vs perintah Allah/usahakan dan pelihara.

Kejadian 2:18-20  TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang SEPADAN dengan dia."  Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah SEGALA BINATANG HUTAN dan SEGALA BURUNG di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu. Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi BAGINYA SENDIRI ia TIDAK MENJUMPAI PENOLONG yang SEPADAN dengan dia.

Ketika Tuhan berfirman akan menjadikan penolong YANG SEPADAN untuk Adam, Tuhan tidak langsung menjadikan Hawa, malah membentuk segala BINATANG dan semua dibawa-Nya kepada Adam. Adam tidak langsung menolak(karena disorongi binatang untuk dipilih tapi tetap TAAT dan SETIA untuk memberi nama kepada semua binatang tsb....walau akhirnya Adam mengaku  TIDAK MENJUMPAI PENOLONG yang SEPADAN seperti yang dijanjikan Tuhan.

Ketika Adam tetap PERCAYA pada janji Tuhan dan tidak ngeyel menuntut, melainkan pasrah saja ketika Tuhan membuatnya tidur(padahal Adam belum mendapatkan penolong yang sepadan), Allah menjadikan Hawa untuk Adam dan Adam menyambut kemenangan dengan mengucap :"Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

PEMENANG adalah orang yang MAMPU MENGUASAI/MENGONTROL (reaksi) DIRI terhadap perlakuan orang sekitar/lingkungan.
Orang lain boleh menghina, mengecam, meremehkan kita, reaksi kita terhadap semua itu TERGANTUNG KITA! mau MARAH? TERHINA? DEPRESI? ACUH? EGP? atau DIBAWA KETAWA....semua KITA yang KENDALIKAN, semua terserah kita :)

Semoga kita dimampukan untuk mengembangkan hidup, berjalan bersama DIA didalam KEBENARAN-NYA! lalu memenangkan *peperangan* pribadi kita.
Imanuel

No comments: