Tuesday, May 15, 2018

Yohanes 2:4 Mujizat pertama

Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: “Mereka kehabisan anggur.” Kata Yesus kepadanya: “Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.” Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: “Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!”
Yohanes 2:3‭-5

Pendalaman Alkitab Sabat siang kemarin , membahas ujaran (manusia) Yesus: "saat-Ku belum tiba", dan ujaran ibu Yesus: "Mereka kehabisan anggur" dan ada perasaan yakin bahwa Yesus akan melakukan sesuatu dengan perkataannya kepada pelayan pelayan :"Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!" dan terjadilah mujizat pertama-Nya!

Dengan diskusi panjang "sersan" - serius tapi santai.... tafsir kita kurleb nya sbb:
1. Ibu Yesus tahu sekali SIAPA anaknya tsb.... karena ia yang dianugerahi mengandung dan melahirkan-Nya, ia mengandung bukan karena persetubuhan dengan lelaki tapi oleh Roh Kudus, (Alkitab menulis : Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?” Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
Lukas 1:34‭-‬35) dan karena niat baik ibu Yesus dan kasihnya, merasa kasihan kepada tuan rumah yang kehabisan anggur(lambang suka) ... Yesus yang awalnya bilang kepada ibunya bahwa waktu-Nya belum tiba, faktanya - - - air yang ditempayan berubah menjadi anggur kala disajikan - anggur yang terbaik pula.

Mendalami perkataan Yesus yang menyebut "saat-Ku belum tiba" tapi Dia berbuat juga merubah air menjadi anggur yg otomatis menutup malu si tuan rumah.. ; 
Kita boleh meminta, berharap tapi tidak boleh memaksa! Karena ada "waktu Tuhan" yang membuat segalanya indah pada waktu-Nya, dan permintaan yang berdasarkan kasih dan niat baik, akan menggerakkan hati Tuhan untuk membuatnya menjadi nyata dan membawa kebaikan kedepannya spt yang dituliskan di Yohanes 4: 45.Maka setelah Ia tiba di Galilea, orang-orang Galileapun menyambut Dia, karena mereka telah melihat segala sesuatu yang dikerjakan-Nya di Yerusalem pada pesta itu, sebab mereka sendiripun turut kepesta itu.

Semoga bermanfaat makin mengerti siapa Kristus Yesus yang selalu memberikan yang terbaik bagi anak-anak-Nya. 

No comments: