Tuesday, December 03, 2013

Bersyukur dan bersyukur...

Kotbah Pdt Dede I Godjali pada saat berkunjung ke Banjarmasin lagi menghadiri pemberkatan Phan-Phan dan Sisca,
Yeremia 25:10  Aku akan melenyapkan dari antara mereka suara kegirangan dan suara sukacita, suara pengantin laki-laki dan pengantin perempuan, bunyi batu kilangan dan cahaya pelita.....Firman Tuhan ini disampaikan oleh nabi Yeremia kepada segenap kaum Yehuda dan kepada segenap penduduk Yerusalem, ketika Kaum Yehuda akan dibuang ke Babel karena tidak mau mendengarkan dan memperhatikan firman Tuhan yang disampaikan terus menerus oleh hamba-Nya/para Nabi
"Kata mereka: Bertobatlah masing-masing kamu dari tingkah langkahmu yang jahat dan dari perbuatan-perbuatanmu yang jahat; maka kamu akan tetap diam di tanah yang diberikan TUHAN kepadamu dan kepada nenek moyangmu, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya.
juga janganlah kamu mengikuti allah lain untuk beribadah dan sujud menyembah kepadanya; janganlah kamu menimbulkan sakit hati-Ku dengan buatan tanganmu, supaya jangan Aku mendatangkan malapetaka kepadamu.(Yeremia 25:5-6)

Apakah yang tersirat dari "suara kegirangan dan suara sukacita, suara pengantin laki-laki dan pengantin perempuan, bunyi batu kilangan dan cahaya pelita"?
...suara kegirangan dan suara sukacita,... Walau hidup kita turun naik, sukacita karena bersandar dalam Dia tetap kita punyai, tidak putus asa kala masalah mendera(tetap kuat karena yakin Dia selalu memberi yang terbaik/ ada hikmah dibalik masalah) dan mengucap syukur kala kita dipercayai-Nya dengan berkah yang besar. 
...suara pengantin laki-laki dan perempuan", ...banyak hal yang bisa menyebabkan tidak terdengarnya suara pengantin laki-laki dan wanita(Pernikahan)...ketika bencana nasional/global melanda dan juga karena faktor internal orang-tua, misal kecerewetan  orang-tua dalam menerima calon pasangan anak-anak kita, selalu merasa tidak cocok dengan calon yang dibawa/diperkenalkan anak-anak kita.
...bunyi batu kilangan dan cahaya pelita".....Batu kilangan akan berbunyi ketika mengolah/memproduksi minyak zaitun dan air buah anggur; cahaya pelita akan tetap memancarkan sinar sampai malam karena tetap bekerja menghitung pendapatan produksi dari batu kilangan, artinya usaha yang kita kerjakan memberikan hasil yang manis/menguntungkan.

Bagaimana supaya suara-suara tersebut tidak hilang/lenyap?

Yosua 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.


Kotbah Pdt Nathan Dermawan pada saat syukuran Matthew Wenas

Didik anak-anak kita melalui : Teladan; Perkataan/nasehat; Disiplin dan terakhir bawa/arahkan jalan anak-anak kita di jalan Tuhan.
Kebanggaan orang-tua yang sejati adalah ketika anak-anak kita:
Berprestasi atau paling tidak mereka tidak mempunyai masalah dalam menempuh pendidikan; Berkarakter bagus/tidak membuat malu orang-tua; Hidup dalam takut dan hormat akan Tuhan ; melakukan pelayanan dan menghantar anak-anak kita ke altar-Nya/perkawinan seiman!.

Untuk semua itu... Gunawan dan aku sungguh sangat bersyukur, 

Kami telah menghantar anak-anak kedepan altar-Nya,
dan anak-anak kami telah juga mempunyai "ladang dan sumur" mereka masing-masing dan mereka tetap membantu mengelola "ladang dan sumur" kami dalam menikmati masa-masa senior kami setelah "mencangkul dan menimba" selama ini.
Terima kasih Tuhan atas segala yang kami terima dan mampukan kami untuk tetap setia dan taat sampai finish kami kelak...Amin


No comments: