Tuesday, August 19, 2014

(Hukum) kasih = (hanya) melakukan kebaikan?

Ditengah hiruk pikuk tentang pentingnya toleransi antar umat beragama, ada sebagian orang yang mengemukakan dalil baru, agama tidak penting, yang penting adalah KEBAIKAN/KASIH karena setiap agama pasti mengajarkan kebaikan. Benarkah?

In My Opinion. 
Agama adalah jalan/cara manusia mencari/mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Tuhan adil, Dia mampu menjadikan manusia seragam, baik semua, tapi Dia beri banyak  pilihan "jalan/cara" menuju Dia yang empunya Roh, Jiwa dan Raga.
Saat kita sampai garis finish, Roh kita kembali kepada-Nya, raga kita kembali keasalnya(debu tanah kembali menjadi debu tanah); jiwa kita yang akan mempertanggungjawabkan segala perbuatan kita selama kita di dunia. Agama lah yang menjadi tuntunan jiwa kita selama hidup.

Bagi umat kristen, kitab suci nya adalah injil/alkitab. 
Hukum kasih yang terutama seperti yang Yesus ucapkan langsung, tertulis di Matius 22:37-40 : "Jawab Yesus kepadanya: "KASIHILAH TUHAN, ALLAHMU, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah HUKUM YANG TERUTAMA DAN YANG PERTAMA. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

HUKUM PERTAMA DAN TERUTAMA:
KASIHILAH TUHAN, ALLAHMU, DENGAN SEGENAP HATIMU DAN DENGAN SEGENAP JIWAMU DAN DENGAN SEGENAP AKAL BUDIMU….
Caranya? Lakukan 4(empat) dari 10 perintah-Nya
1.     Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

2.     Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di  langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di  bawah bumi dan Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya,  sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa  kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang  membenci Aku,

3.    Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya  dengan sembarangan.

4.     Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat.


HUKUM KEDUA:
KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI…
Usahakan 6 sisa perintah-Nya
5.     Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang  diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

6.     Jangan membunuh.

7.     Jangan berzinah.

8.     Jangan mencuri.

9.     Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.

10. Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau  hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau  keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu.


Semoga kita dimampukan tetap SETIA dan TAAT sampai akhir agar kelak kala kita berjumpa dengan-Nya, kita layak menerima janji-Nya, Kerajaan Sorga…..Haleluya

No comments: