Tuesday, August 13, 2013

Blog Post by Millionaire termuda Singapura, Adam Khoo

Saya berusaha untuk menterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan bantuan om Google dan edit sebatas kemampuan saya, semoga bermanfaat....

 Beberapa dari anda mungkin sudah tahu bahwa saya berkeliling negara cukup sering, harus mengunjungi dan melakukan seminar di kantor saya di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Suzhou (Cina). Hampir setiap minggu di bandara, jadi saya bisa bertemu banyak orang yang telah menghadiri seminar saya atau telah membaca buku saya.

Baru-baru ini, dalam suatu penerbangan ke Kuala Lumpur, seseorang datang kepada saya dan tampak agak terkejut. Dia bertanya, "Bagaimana mungkin seorang jutawan seperti anda bepergian dengan ekonomi class?" Jawaban saya adalah, "Itulah mengapa saya jadi seorang jutawan." Dia masih tampak cukup bingung.

Dibuku saya yang terbaru 'Secrets of Self-Made Millionaires'. BANYAK ORANG TELAH DICUCI OTAK UNTUK BERPIKIR BAHWA JUTAWAN HARUS MEMAKAI GUCCI, HUGO BOSS, ROLEX, DAN DUDUK DI KELAS UTAMA dalam perjalanan bisnis. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak orang tidak pernah menjadi kaya karena saat mereka mendapatkan lebih banyak uang, mereka berpikir bahwa adalah hal wajar kalau mereka menghabiskan/berbelanja lebih banyak, dan itu mengembalikan mereka ke titik awal lagi.

Fakta, bahwa sebagian besar jutawan yang sukses karena usaha sendiri, hidupnya  hemat dan HANYA MENGHABISKAN APA YANG DIPERLUKAN dan karena BERNILAI. Itulah sebabnya mereka mampu menumpuk dan mengalikan kekayaan mereka jauh lebih cepat.
Selama 7 tahun terakhir, saya telah menyimpan/menabung sekitar 80% dari pendapatan saya sementara hari ini saya hanya mampu menyimpan sekitar 60%(Karena saya  punya istri, ibu mertua, 2 pembantu, 2 anak-anak, dll yang harus di biayai). Namun, kebanyakan orang menabung 10% dari pendapatan mereka (jika mereka beruntung). SAYA MENOLAK UNTUK MEMBELI TIKET KELAS PERTAMA atau untuk MEMBELI KEMEJA $ 300 karena saya berpikir bahwa itu adalah BUANG-BUANG UANG. NAMUN, SAYA DENGAN SENANG HATI MEMBAYAR $ 1.300 UNTUK MENGIRIM PUTRI SAYA BERUSIA 2 TAHUN UNTUK  "JULIA GABRIEL PIDATO DAN DRAMA" TANPA BERPIKIR DUA KALI......perbandingan prioritas yang berharga(imo)

Ketika saya bergabung dengan YEO (Organisasi Pengusaha Muda) beberapa tahun yang lalu (YEO adalah sebuah klub eksklusif terbuka bagi mereka yang berada di bawah 40th dan berpenghasilan lebih dari $ 1 juta/tahun dalam bisnis mereka sendiri) saya menemukan bahwa mereka juga berpikir  seperti saya. Banyak dari mereka dengan kekayaan bersih yang lebih dari $ 5 juta, membeli tiket perjalanan kelas ekonomi dan beberapa bahkan melaju hanya dengan Toyota dan Nissan (tidak Audi, Mercs, BMW).

Saya melihat bahwa hanya mereka YANG TIDAK PERNAH BEKERJA KERAS UNTUK MEMBANGUN KEKAYAAN MEREKA SENDIRI (ada juga beberapa menteri dan taipan 'anak-anak di klub) YANG MENGHABISKAN UANG/BELANJA SEPERTI TIDAK ADA BESOK. Bagaimanapun juga, ketika Anda tidak membangun bisnis anda dari awal, Anda tidak akan bisa benar-benar menghargai nilai uang. Inilah alasan mengapa kekayaan keluarga (tidak peduli berapa banyak) jarang berlangsung melewati generasi ketiga. Puji Tuhan ayah saya yang kaya--My rich Dad (oh tidak! Aku terdengar seperti Kiyosaki) meramalkan kemungkinan mengerikan ini dan menolak untuk memberikan satu sen untuk memulai bisnis saya....imo...me"miskin"kan anak ditengah kelimpahan kita = mensupport anak kita  untuk membuat "akar tunggang"nya, bukan akar serabut yang mudah tercabut....

Kemudian beberapa orang bertanya kepada saya, "Apa gunanya uang yang begitu banyak, jika Anda tidak menikmatinya?" Masalahnya adalah bahwa saya tidak benar-benar menemukan kebahagiaan dalam membeli pakaian bermerek, perhiasan atau duduk di bisnis class. Bahkan jika membeli sesuatu yang membuat saya bahagia, itupun hanya untuk sementara, itu tidak berlangsung lama. Kebahagiaan karena materi tidak akan pernah terpuaskan, itu hanya memberikan kepuasan sementara. Setelah beberapa saat Anda merasa buruk lagi/biasa dan harus membeli barang berikutnya yang anda pikir akan membuat Anda bahagia. Saya selalu berpikir bahwa jika Anda perlu materi/barang bermerk/perhiasan untuk membuat Anda bahagia, maka hidup anda sungguh menyedihkan dan tak akan pernah terpuaskan/selalu merasa berkekurangan.
Sebaliknya, yang membuat saya bahagia adalah ketika saya
*melihat anak-anak saya tertawa dan bermain dan belajar begitu cepat.
*melihat perusahaan saya dan pelatih/staff saya menjangkau lebih banyak orang setiap tahun di lebih banyak negara.
*ketika saya membaca semua email tentang bagaimana buku-buku dan seminar-seminar saya telah tersentuh dan menginspirasi hidup seseorang.
*Ketika membaca semua posting indah anda tentang bagaimana blog saya telah menginspirasi Anda. Kebahagiaan ini membuat saya merasa puas untuk waktu yang lama, lebih daripada apa yang "Rolex" akan lakukan untuk saya.

Saya pikir saya ingin menekankan bahwa kebahagiaan harus datang dari KESENANGAN DALAM MELAKUKAN PEKERJAAN/BISNIS YANG ANDA JALANI (dalam mengajar, membangun rumah, merancang, perdagangan, memenangkan turnamen dll) dan uang yang datang hanya produk sampingan. Jika Anda membenci apa yang Anda lakukan dan hanya mengejar uang supaya anda bisa membeli barang-barang yang anda pikir dapat membuat anda bahagia, maka saya pikir, anda menjalani kehidupan yang sia-sia, hidup dalam kehampaan...

Semoga bermanfaat....terutama bagi ayah bunda yang anak-anaknya lagi  "tahap mencari jati diri" ...jangan sampai salah arah.....
From me...menghabiskan uang tidak perlu belajar tapi berusaha mencari dan mengumpulkannya serta menghargai apa yang diterima(bersyukur)...itu perjuangan dan pembelajaran seumur hidup.Tuhan berkati

No comments: