Friday, August 23, 2013

Peres Uza.. Tuhan tak butuh bantuan ciptaan-Nya.


Dalam 2Samuel 6: 1-10 menceritakan bagaimana saat perjalanan memindahkan Tabut Allah ke Yerusalem, Uza membangkitkan murka Allah bahkan dibunuh Allah ditempat karena "keteledoran"nya memegang Tabut Allah saat lembu-lembu yang menarik kereta tergelincir.( 2 Sam 6:6-7 ......., maka Uza mengulurkan tangannya kepada tabut Allah itu, lalu memegangnya, karena lembu-lembu itu tergelincir. Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Uza, lalu Allah membunuh dia di sana karena keteledorannya itu; ia mati di sana dekat tabut Allah itu.

Ibrani 9:4, isi Tabut Allah adalah 2 loh batu yang berisi 10 perintah Allah(Kel 25:16); Buli-buli yang berisi Manna(Kel 16:33-34) dan Tongkat Harun yang dulunya pernah bertunas, yang dirincikan dalam Yohanes 14:6 sebagai "JALAN" , "KEBENARAN" dan "HIDUP"....yang adalah YESUS sendiri.
Jadi apa yang Uza pikir telah berbuat baik(memegang Tabut Allah yang mau jatuh), itu adalah sesuatu yang salah! TUHAN kok ditolong, TUHAN tidak perlu "bantuan" ciptaan-NYA)

Setelah kejadian tsb Daud menjadi marah dan takut untuk membawa Tabut Allah ke Kota Daud lalu menyimpannya di rumah Obed-Edom, orang Gat.
Tapi akhirnya Daud sadar bahwa pada saat itu ia telah menyimpang dari ketentuan yang Allah tentukan:
Tabut Allah harusnya di USUNG oleh orang-orang Lewi yang telah menguduskan diri


(1 Tawarikh 15: 2:  Ketika itu berkatalah Daud: "Janganlah ada yang mengangkat tabut Allah selain dari orang Lewi, sebab merekalah yang dipilih TUHAN untuk mengangkat tabut TUHAN dan untuk menyelenggarakannya sampai selama-lamanya."...
13: Sebab oleh karena pada pertama kali kamu tidak hadir, maka TUHAN, Allah kita, telah menyambar di tengah-tengah kita, sebab kita tidak meminta petunjuk-Nya; 
14:Jadi para imam dan orang-orang Lewi menguduskan dirinya untuk mengangkut tabut TUHAN, Allah Israel, Kemudian bani Lewi mengangkat tabut Allah itu dengan gandar pengusung di atas bahu mereka, seperti yang diperintahkan Musa, sesuai dengan firman TUHAN....., bukan seperti yang pertama, diangkut pakai kereta setelah berunding dengan para pemimpin pasukan (1 Tawarikh 13:1 Daud berunding dengan pemimpin-pemimpin pasukan seribu dan pasukan seratus dan dengan semua pemuka. 7: Mereka menaikkan tabut Allah itu ke dalam kereta yang baru dari rumah Abinadab, sedang Uza dan Ahyo mengantarkan kereta itu.)

Pelajaran iman:
Jangan pernah meremehkan apa perintah dan teladan Tuhan Yesus, Allah kita yang menjelma menjadi manusia... DIA menjadi manusia justru untuk memberi teladan bahwa apa yang diperintahkan-NYA pasti mampu dilakukan oleh manusia kita yang DIA ciptakan. Jadi ..JANGAN pernah berpikir mengubah teladan ajaran-NYA dengan alasan DEMI KEPRAKTISAN.

Sebagai penutup dan semoga jadi penguatan bagi kita semua:
Ibrani 4:14-15  Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita, Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.

Happy Sabbath Day...Tuhan berkati.

No comments: